Beranda » Blog » Kenali Apa Saja Fungsi dan Fitur Vibration Meter

Kenali Apa Saja Fungsi dan Fitur Vibration Meter

Diposting pada 30 January 2023 oleh admin / Dilihat: 192 kali / Kategori:

Vibration meter atau Vibration analyzer adalah alat untuk mengukur, menyimpan, mendiagnosis, dan menganalisis getaran yang dihasilkan oleh sistem atau mesin. Ini bekerja menggunakan alat berbasis FFT yang menampilkan besarnya getaran dan bagaimana getaran itu bervariasi pada frekuensinya. Alat analisa getaran utamanya untuk mengidentifikasi dan memprediksi kesalahan dan memperbaikinya dengan menemukan asal dari getaran tersebut.

Cara Kerja Vibration Meter

Mengukur getaran ternyata penting, terutama di bidang industri. Penggunaan alat pengukur getaran erat kaitannya dengan perawatan mesin. Vibration meter biasanya digunakan untuk melakukan pengukuran referensi. Pada mesin yang baru dibeli akan dilakukan pengukuran vibrasinya sehingga dapat digunakan sebagai referensi saat melakukan pengukuran rutin.

Apabila pada saat pengukuran rutin ditemukan getaran yang tidak sesuai dengan referensi dari pengukuran referensi, maka dapat segera diselidiki apakah ada perkiraan kerusakan pada mesin. Selain itu, pengukur getaran juga berguna dalam proses pengukuran sebelum dan sesudah perbaikan mesin untuk menentukan apakah perbaikan telah berhasil.

Terakhir dan yang terpenting, alat pengukur getaran ini digunakan untuk mengukur frekuensi dan daya getaran suatu mesin, apakah aman atau berbahaya bagi kesehatan para pekerja yang akan menggunakan mesin tersebut.

Cara kerja vibrasi meter sebenarnya hampir mirip dengan volt meter, bedanya hanya dari yang diukur. Cara kerjanya dimulai dengan menempatkan sensor atau perangkat dasar magnet pada objek yang akan diukur getarannya. Kemudian dengan cepat, sensor akan mengeluarkan sinyal tegangan akibat getaran benda yang akan ditransmisikan melalui kabel ke pemancar di dalam meteran getaran.

Namun, tenang saja karena angka yang ditampilkan pada pengukur getaran bukan berupa tegangan, melainkan nilai getaran berupa percepatan dan kecepatan (speed per satuan waktu). Jadi, dalam cara kerja alat pengukur getaran ini, terdapat dua kelompok efek getaran yang ditemukan, yaitu getaran lengan tangan dan getaran seluruh tubuh.

Getaran lengan tangan adalah efek getaran yang dirasakan pada lengan saja. Biasanya efek getaran ini terjadi saat menggunakan mesin seperti grinder, bor, gergaji listrik, dan compactor. Sedangkan getaran seluruh tubuh adalah efek getaran yang dapat dirasakan di seluruh tubuh. Efek ini biasa dirasakan saat menggunakan alat berat seperti alat kontraktor atau mesin pabrik saat getaran terasa sampai ke lantai.

Baca Juga: Pentingnya Sound Level Meter / Alat Pengukur Suara

Fitur Vibration meter

Membeli alat analisa getaran perlu mempertimbangkan beberapa hal sehingga bisa mendapatkan yang sesuai dan berkualitas. Berikut ini adalah elemen penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli alat analisa getaran.

Pastikan Jumlah Saluran Input Akurat

Alat analisa getaran datang dalam berbagai konfigurasi, yang paling umum adalah dua sampai empat saluran input. Merekam dua saluran secara bersamaan umumnya cukup untuk menyeimbangkan, analisis fase, grafik Bode, dan fungsi ODS. Di sisi lain, menggunakan akselerometer triaksial dan menyeimbangkan dua bidang memerlukan penggunaan empat saluran.

Rentang Frekuensi

Rentang frekuensi penganalisis getaran ditentukan oleh dua faktor yaitu laju sampel tertinggi penganalisis dan rentang frekuensi maksimum akselerometer. Sample Rate suatu sistem adalah jumlah pengukuran yang dapat dilakukan dalam satu detik. Akibatnya, frekuensi maksimum perangkat akan menjadi setengah dari laju pengambilan sampelnya.

Garis Resolusi

Jumlah garis resolusi menentukan berapa banyak titik yang akan digunakan untuk mengintegrasikan spektrum. Meskipun nama sebenarnya adalah “titik”, istilah “garis” masih digunakan, kemungkinan besar karena itu diciptakan untuk FFT audio yang diplot dengan batang (atau garis).

Periksa Fungsi Tambahan

Fitur penganalisis kemungkinan besar merupakan bagian yang paling bervariasi dari satu penganalisis ke penganalisis berikutnya. Berikut beberapa fungsi atau fitur yang ada dalam alat pengukur getaran.

  • FFT: Inti dari penganalisis adalah spektrum, yang dibutuhkan oleh hampir semua fungsi analisis. Rectangular, Hamming, dan flattops adalah alat pengukuran FFT dan fungsi Windows.
  • Parameter pengukuran: Percepatan, Kecepatan, Perpindahan, dan Amplop Percepatan (demodulasi atau yang setara, berguna untuk deteksi dini gangguan bantalan).
  • Pengumpul Data Getaran: Penganalisis getaran yang layak juga harus dapat menangkap data getaran. Paling tidak, itu harus memiliki metode untuk menyimpan dan mengatur rekaman mesin untuk melacak sejarah dan tren mereka. Ini adalah masalah penting untuk dipertimbangkan karena akan berurusan dengan bagian sistem ini setiap hari. Sangat penting untuk memiliki antarmuka database yang intuitif dan sederhana untuk menghindari membuang-buang waktu nanti.
  • Bentuk Gelombang Waktu: Bagan ini dibuat oleh penganalisis getaran saat sensor menerima sinyal. Meskipun jarang digunakan, beberapa fungsi tambahan, seperti Bentuk Gelombang Waktu Melingkar (Circular Time Wave Form), dapat bermanfaat dalam mendeteksi pola di kotak roda gigi atau bantalan.
  • Basis data bantalan: Analisis getaran bantalan mengidentifikasi frekuensi kesalahan yang terkait dengan geometri bantalan. Pengguna akan memiliki akses ke database bantalan yang komprehensif, serta informasi pabrikan untuk perkiraan kesalahan.
  • Sensor yang digunakan: Percepatan getaran sebanding dengan tegangan keluaran. Karena mereka menggabungkan amplifier dan filter kecil untuk menghilangkan noise, sebagian besar sensor membutuhkan daya. Akselerometer sering digunakan dalam vibration meter karena rentang frekuensi dan amplitudonya yang luas dari kebisingan hewan. Sebagai gantinya, mereka menerjemahkan akselerasi ke metrik terkait getaran lainnya seperti kecepatan dan perpindahan.
  • Probe yang mengukur perpindahan: Sinyal keluaran sebanding dengan perpindahan getaran. Mereka biasanya berupa sensor non-kontak, membuatnya sangat baik untuk merasakan getaran poros dan eksentrisitas. Akan menguntungkan jika penganalisis getaran yang dipilih memungkinkan untuk memasang berbagai jenis sensor.
  • Persyaratan untuk fitur lain seperti: Persyaratan konektivitas cloud, kebutuhan dukungan teknis, karakteristik portabilitas, kebutuhan daya, dan lain-lain.

Vibration meter menjadi salah satu alat yang dibutuhkan dalam industri manufaktur. Bagi yang ingin melakukan proyek pengadaan alat maka bisa melalui Kucari.com. Ada berbagai jenis alat ukur profesional yang dijual oleh supplier Kucari. Sebagai distributor, tersedia pilihan alat berkualitas dengan harga bersaing.

Bagikan ke

Kenali Apa Saja Fungsi dan Fitur Vibration Meter

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Kenali Apa Saja Fungsi dan Fitur Vibration Meter

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dadang Darmawan
● online
Dadang Darmawan
● online
Halo, perkenalkan saya Dadang Darmawan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: