Beranda » Blog » Kenali Lebih Dalam Tentang Light Meter/Lux Meter

Kenali Lebih Dalam Tentang Light Meter/Lux Meter

Diposting pada 30 January 2023 oleh admin / Dilihat: 169 kali / Kategori:

Fotografer harus mempertimbangkan pencahayaan, jarak, dan penempatan objek sebelum mereka berpikir untuk mengambil gambar. Fotografer juga harus memiliki peralatan yang tepat untuk menangkap gambar yang sempurna. Ini termasuk alat pengukur cahaya yang dikenal sebagai light meter/lux meter. Siapapun yang terlibat dalam fotografi harus tahu apa itu dan pentingnya light meter di lapangan.

Apa itu Light Meter?

Sederhananya, light meter/lux meter merupakan alat yang biasa dipakai untuk mengukur cahaya. Alat yang satu ini juga bisa membantu untuk kamera agar bisa fokus pada subjek. Bahkan terlepas dari kualitas cahaya di sekitarnya. Light meter reflektif melakukan kebalikannya, alat ini mengukur cahaya yang dipantulkan oleh atau dipantulkan subjek.

Mengukur intensitas cahaya penting dalam berbagai industri. Misalnya, museum seni berusaha menemukan kisaran pencahayaan yang optimal untuk menerangi lukisan tanpa merusak karya seni. Rambu darurat juga perlu terlihat jelas dengan intensitas cahaya yang tepat.

Lux meter digital adalah alat khusus yang mengukur intensitas cahaya. Pengukur ini sangat cocok dengan jumlah cahaya yang diterima oleh mata dan memperhitungkan kepekaan warna mata.

Misalnya, mata merasakan berbagai warna terang, dan beberapa lebih intens. Light meter/lux meter mengukur intensitas berdasarkan apa yang dilihat mata, dan dapat menentukan pencahayaan optimal di ruang kelas, kantor, di luar ruangan, dalam fotografi, dan di mana pun cahaya dipancarkan.

Intensitas cahaya diukur dalam fluks bercahaya (lx), dan ada berbagai peringkat lux. Di lingkungan yang gelap, intensitasnya mungkin 0,01 lx, sedangkan sinar matahari langsung mencapai intensitas 100.000 lx atau lebih. Pengukur lux digital memungkinkan pengguna mengukur intensitas ini dengan cepat dan akurat, dengan memperhitungkan jenis cahaya dan warna cahaya.

Bagian dan Konfigurasi Lux Meter Digital

Lux meter tersedia dalam versi digital dan analog, dan keduanya mengandung elemen serupa. Setiap lux meter memiliki photodetector built-in, yang terpasang pada layar pembacaan genggam. Perbedaan terbesar adalah bahwa layar pembacaan untuk lux meter digital adalah layar LCD, dibandingkan dengan dial analog.

Photodetector dapat diperbaiki atau diartikulasikan dari layar pembacaan, atau dapat ditambatkan ke layar, dan inilah yang mengukur kecerahan sumber cahaya. Sensor ini umumnya terbuat dari dua jenis bahan, antara lain silikon dan selenium. Silikon paling baik untuk mengukur berbagai intensitas, sementara sensor berbasis selenium tidak memberikan pengukuran yang akurat untuk cahaya intensitas rendah.

Untuk pembacaan yang tepat, photodetector ditempatkan tegak lurus terhadap sumber cahaya, dan intensitasnya diukur dengan cepat dan ditampilkan di layar. Pengukur cahaya ini memiliki beberapa spesifikasi umum, antara lain:

  • Rentang: Ini adalah rentang intensitas yang diukur oleh meteran. Misalnya, banyak yang mampu mengukur rentang intensitas yang luas, dari 0-200.000 lux. Kotak pembacaan juga biasanya memiliki beberapa pengaturan rentang yang berbeda, yang dapat dipilih berdasarkan intensitas cahaya.
  • Akurasi: Lux meter memiliki rentang akurasi, dengan akurasi paling tinggi sekitar 3%. Selain itu, rentang dapat berubah berdasarkan intensitas cahaya. Misalnya, akurasi mungkin turun untuk cahaya intensitas tinggi.
  • Fitur Umum: nyala dan mati otomatis, koreksi kosinus, dan kalibrasi otomatis.
Aplikasi Light Meter/Lux Meter

Aplikasi Light Meter/Lux Meter

Light meter tak hanya digunakan dalam fotografi. Ini juga banyak digunakan di bidang kelistrikan. Berikut beberapa aplikasi light meter atau lux meter:

Pencahayaan Interior

Ahli listrik dan profesional kode bangunan mengukur pencahayaan di ruang interior dengan lux meter. Setiap lingkungan membutuhkan intensitas tertentu. Misalnya, di kantor atau sekolah, intensitas cahaya harus memungkinkan siswa atau karyawan untuk bekerja secara efektif tanpa melelahkan mata mereka. Fasilitas lain seperti rencana produksi dan rumah sakit memerlukan pencahayaan khusus, dan pengukur lux digital memungkinkan untuk memastikan hal itu.

Pencahayaan Luar Ruangan

Tempat parkir dan jalan raya adalah dua contoh umum lingkungan luar ruangan yang membutuhkan intensitas tertentu. Misalnya, dalam kedua situasi ini, area tersebut harus cukup terang tetapi tidak terlalu intens, karena akan mengalihkan perhatian pengemudi.

Rambu Berlampu

Rambu pintu keluar darurat harus menyala agar dapat dilihat dalam berbagai kondisi. lux meter digital sering digunakan untuk mengukur dan memastikan intensitas sesuai dengan kode.

Tampilan Pencahayaan

Galeri seni dan museum memerlukan pencahayaan yang dioptimalkan seperti tidak terlalu kuat untuk merusak artefak, namun cukup terang agar mudah dilihat.

Fotografi

Fotografer biasanya menggunakan sensor cahaya di studio dan di lokasi untuk mengukur intensitas cahaya, memungkinkan mereka menyesuaikan pengaturan kamera untuk eksposur yang tepat.

Baca Juga: Ada Beragam Alat Uji Lingkungan (Environmental Tester)

Peran Light Meter dalam Fotografi

Peran Light Meter dalam Fotografi

Light meter adalah alat yang sangat berguna dalam fotografi. Alat pengukur cahaya ini membantu fotografer mengetahui apakah bagian dari gambar terlalu terang atau kurang terang. Ada jenis fotografi tertentu di mana pengukur cahaya bisa sangat berguna, termasuk fotografi lanskap dan potret.

Fotografi Lanskap

Pengukur cahaya insiden sangat membantu dalam fotografi lanskap. Selama cahaya merata di seluruh pemandangan, hanya perlu melakukan satu pengukuran, artinya tidak perlu berkeliling area untuk mendapatkan beberapa pengukuran. Cukup pegang pengukur cahaya di depan dan catat perhitungannya.

Fotografi Potret

Pengukur cahaya bisa sangat berharga saat mengambil potret. Saat menggunakan pengukur cahaya insiden, pegang ke arah subjek tepat di dekat sumber cahaya. Meter yang dipantulkan membutuhkan tiga titik (paling gelap, paling terang, dan tengah). Jika ingin gambar menjadi sedikit lebih gelap, sesuaikan pengaturan untuk meniru pengukuran paling gelap.

Bagi fotografer, ahli pencahayaan listrik, atau perusahaan yang membutuhkan light meter/lux meter maka bisa melalui supplier terpercaya Kucari.com. Tersedia banyak pilihan light meter berbagai jenis yang dijual dengan harga bersaing. Kucari merupakan distributor yang menjual berbagai alat ukur dan uji yang profesional dan bisa diandalkan.

Bagikan ke

Kenali Lebih Dalam Tentang Light Meter/Lux Meter

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Kenali Lebih Dalam Tentang Light Meter/Lux Meter

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dadang Darmawan
● online
Dadang Darmawan
● online
Halo, perkenalkan saya Dadang Darmawan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: